Performance Art dan Dunia Pendidikan

(Sebuah Catatan dari Acara Workshop & Festival Performance Art di Cisolok, Sukabumi #II)
Ket Foto: Entri Somantri Bersama Murid-Muridnya

Sekitar 80 orang mengikuti Workshop Selebrasi Sepi di Kampung Asyik (27/2) yang lalu. Peserta Workshop dihadiri oleh warga dan siswa-siswa SMU. Beberapa siswa diantaranya sudah bergabung dengan Komunitas Performance Art Kampung Ganesha yang didirikan oleh Entri Somantri seorang seniman yang juga berprofesi sebagai Guru SMU Cisolok Sukabumi. 

Sebagai pengajar, Entri memberikan sesuatu yang berbeda dari pola pembelajaran sebelumnya, tentunya dengan kegiatan seni. Ia menggunakan performance art sebagai media pembelajaran. disanalah ia menemukan hal-hal yang tidak terduga. Ide-ide siswa yang natural dan ternyata mereka bisa mengkritisi hal-hal yang terjadi di lingkungan mereka. 

Entri sendiri memiliki target utama  yaitu adanya perubahan sikap yang signifikan untuk para siswa, tentunya yang bisa diasosiasikan untuk kehidupan mereka selanjutnya. Mereka tidak harus menjadi seniman performance, menjadi perupa atau pematung dan sebagainya. Namun dihaapkan dapat menumbuhkan sikap kritis yang bisa mereka aplikasikan di kehidupan nyata. 

Seperti Siti dan Marli, siswi kelas X Cisolok, mengaku senang mendapatkan materi performance art, mereka mengaku lebih percaya diri dan memiliki banyak pengalaman. Begitu pun dengan Rizki siswa kelas XII, ia senang bergabung dengan Komunitas Kampung Ganesha, selain mendapatkan pengalaman ia bisa mengikuti kegiatan yang positif dibanding nongkrong tidak jelas.

“Dengan media performance saya bisa menganalisa dengan memberikan kegiatan yang kontinyu sehingga mereka bisa beralih dari yang asalnya selalu berbuat negatif, teralihkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan kreatif. Minimal bisa memberikan kontribusi tidak hanya kepada siswa saja, namun juga kepada warga Cisolok, khususnya warga kampung Asyik”. Ujar Entri menutup obrolan.
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment